Efektifitas Organisasi di tingkat UKM Tapak Suci Putra Muhammadiyah UNiversitas Muhammadiyah Semarang

SEBUAH TINJAUAN SINGKAT TENTANG : EFEKTIVITAS ORGANISASI  DI TINGKAT UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) TAPAK SUCI PUTRA MUHAMMADIYAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG.

 

Yuni_tapaksuci

Yuni Nurkuntari,S.Sos,M.A

Muhammadiyah merupakan organisasi dan gerakan Islam yg meyakini dengan sepenuh hati bahwa Islam sebagai satu- satunya Agama Allah yang benar, yang mendasarkan keyakinannya itu pada Tauhid yang murni & bersumber pada Al-Qur’an dan Sunnah Nabi, dan mengemban misi risalah Islam itu untuk menegakkan dan membangun kehidupan yang membawa pada keselamatan serta kebahagiaan hidup umat manusia di dunia dan akhirat. Muhammadiyah mempunyai tujuan hendak mencapai masyarakat Islam yang sebenar-benarnya berbasis madaniyah dan baldhatun toyyibatun warobun ghofur di bangsa dan tanah air Indonesia yang tercinta ini.

Organisasi Muhammadiyah mempunyai ghiroh mengembangkan visi organisasi diseluruh lapisan masyarakat, baik itu ‘Aisyiyah untuk kaum ibu, Naisyatul ‘Aisyiyah bagi para pemudi, Pemuda Muhammadiyah bagi para pemuda bangsa, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah bagi para mahasiswa, Ikatan Pelajar Muhammadiyah bagi para remaja putra-putri bangsa Indonesia. Dan selain itu juga membina gerakan kepanduan yang bernama Hisbul Wathan serta Perguruan Seni Bela Diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah dari segala umur.

Dalam perkembangannya melangkah untuk berikhtiar maju Muhammadiyah bersinergi dengan keteguhan gerakan Al Maun yang berporos pada visi perjuangan KH.Ahmad Dahlan sejak lampau dalam organisasi otonomnya, sehingga pembinaan kader-kader Islamiyahnya menjadi kuat dan kokoh. Perjalanan pembinaan kader –kader pemuda dan pemudi yang trampil dalam pencapaian skiil yang matang serta bertanggungjawab sering mengalami kendala-kendala yang sifatnya non fundamental, Muhammadiyah merasa perlu berkiprah pada sistem kepemimpinan kaderisasi dan prestasi individu-individu yang frofesional melalui Perguruan Seni Bela Diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah dalam hal ini di unit kegiatan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang yang selalu ditingkatkan untuk mencapai kualitas pengelolaan organisasi dan atlit-atlit pesilat dari sivitas akademis.

Leave a Reply